April 17, 2024
sanguinis

Mengenal Tentang Kepribadian Sanguinis

Dalam teori pra-psikologis, kepribadian manusia dibagi menjadi 4, yaitu melankolis, plegmatis, koleris, dan sanguinis. Dalam sebuah penelitian berjudul An Introduction to the Five-Factor Model and Its Applications, kepribadian sanguinis didefinisikan sebagai representasi jumlah dan intensitas interaksi antarpribadi yang membutuhkan stimulasi, dan kemampuan untuk merasa bahagia.

Ada dua kualitas dasar dalam karakter sanguinis yaitu keterlibatan individu dan antusiasme. Orang dengan kepribadian sanguinis seringkali ekstrovert, yaitu terbuka, mudah didekati, sosial, tegas, komunikatif, aktif, dan menyenangkan.

Karakter Sanguinis

Ada beberapa karakteristik khusus yang dimiliki oleh seorang sanguinis. Lebih lanjut, menurut penelitian yang dipublikasikan dalam European Journal of Education Studies, ada lima faktor yang membentuk kepribadian sanguinis, yaitu keterbukaan, mendengarkan, penerimaan, extraversion, dan neurotis.

  • Senang Bersosialisasi

Sanguinis dikenal sebagai makhluk sosial. Mereka sangat supel, ramah, dan suka bertemu orang baru. Sanguinis juga tidak takut untuk memulai percakapan. Mereka adalah contoh dari seorang ekstrovert sosial, dan ini termasuk dalam unsur ekstroversi atau sifat yang ditandai dengan minat yang besar pada orang lain dan peristiwa eksternal dan orang yang percaya diri.

  • Optimis

Orang dengan kepribadian optimis juga dikenal sangat optimis dalam segala hal. Mereka suka melihat sisi terang kehidupan dan menikmati hidup sepenuhnya. Mereka juga cenderung tidak terlalu memikirkan sisi buruk atau negatif dari suatu situasi. Mereka percaya bahwa hidup adalah pengalaman yang menyenangkan.

  • Petualang

Sanguinis merupakan petualang sejati. Mereka selalu dipenuhi rasa ingin tahu dan keinginan untuk mencoba hal-hal baru yang belum pernah dilakukan sebelumnya. Hal ini dikarenakan sanguinis senang menemukan hal-hal yang unik dan menarik perhatian banyak orang. Berbeda dengan kepribadian melankolis yang menyukai hal-hal yang stagnan dan konstan. Optimis akan cepat bosan dengan rutinitas yang sama dan stagnan.

  • Ekspresif

Karena sanguinis sangat berpikiran terbuka, tidak heran dia sangat ekspresif dalam mengekspresikan emosinya. Itu terjadi ketika marah, sedih, frustrasi. Anda akan dapat dengan mudah mengenali emosi karakteristik sanguinis. Sebaliknya, ketika mereka bahagia, sanguinis akan menjadi orang yang energik dan ceria.

  • Humoris

Orang dengan karakter sanguinis memiliki selera humor yang baik. Mereka suka tertawa terbahak-bahak, banyak tertawa, bahkan bisa tertawa sendiri meski dalam keadaan susah. Mereka juga sangat pandai memeriahkan suasana dengan melontarkan lelucon atau lelucon yang mereka dengar.

Orang dengan kepribadian sanguinis seringkali memiliki sifat flamboyan yang membuat mereka terkenal. Selain itu, sifat ekstrovert dalam karakteristik mereka juga membuatnya hidup dalam semangat optimisme dan kepositifan.

Faktanya, menurut penelitian, siswa dengan kepribadian sanguinis mungkin mendapat skor lebih tinggi daripada siswa dengan kepribadian koleris, plegmatis maupun melankolis. Mempelajari karakteristik manusia memang unik, Anda juga akan menemukan berbagai artikel hiburan yang menarik di Orami.co.id.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *