June 9, 2024
asuransi kesehatan

Tips Agar Tekanan Darah Normal Terjaga

Asuransi kesehatan yang kamu punya biasanya meliputi layanan check up rutin, yang mana untuk memastikan kamu tetap sehat dan terbebas dari penyakit tertentu. Dan biasanya kamu harus mempersiapkan asuransi tersebut jauh sebelum nanti kamu menggunakannya.

Saat check up ada banyak pemeriksaan yang akan kamu lalui, salah satunya adalah pemeriksaan tekanan darah. Kamu harus memastikan kalau kamu punya tekanan darah normal, karena itu adalah salah satu indikator bahwa kamu terbebas dari berbagai penyakit berat. Meliputi jantung, tekanan darah tinggi, dan sebagainya.

Nah jika kamu tidak waspada tentunya penyakit tersebut bisa memicu komplikasi penyakit yang lebih serius lainnya. Apalagi jika kamu punya kebiasaan merokok, mengkonsumsi minuman keras, begadang, minum kopi dan lain sebagainya. Sudah pasti tekanan darah yang kamu punya tidak akan normal, pasti akan lebih tinggi.

Kali ini kita akan belajar terkait hal-hal yang bisa membuat tekanan darah normal setiap saat. Sehingga kita bisa beraktivitas lebih nyaman setiap harinya.

Mengenal Tekanan Darah Normal

Tekanan darah dalam tubuh manusia sangatlah mempengaruhi kesehatan. Apabila terjadi hal yang tidak normal tentu akan mempengaruhi kerja organ entah itu jantung, otak, dan lain sebagainya. Tahukah kamu kalau tekanan darah manusia itu berubah-ubah. Tapi secara umum tidak boleh melebihi 130/90. Yang di depan merupakan tekanan sistolik saat jantung kontraksi, sedangkan untuk angka yang dibelakang merupakan tekanan diastolik atau saat jantung relaksasi.

Faktor-faktor yang mempengaruhi tekanan darah ada banyak seperti aktivitasnya, stress, jenis asupan yang kamu konsumsi dan berbagai penyakit lain. Tekanan darah normal harus kamu pertahankan, karena barang siapa punya tekanan darah yang semakin tinggi ia harus waspada akan kondisi kesehatannya.

Hal-Hal yang Bisa Kamu Lakukan Agar Tekanan Darah Normal

Adapun beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mempertahankan tekanan darah tetap normal, diantaranya:

  • Pola Hidup yang Sehat

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengubah pola hidup menjadi lebih sehat. Kamu sudah harus bisa mengontrol jadwal kapan kamu harus beristirahat dan berapa lama kamu harus istirahat. Istirahat sendiri menjadi poin penting, karena jika kamu kurang tidur maka tekanan darah bisa meningkat dan bila kamu punya Riwayat hipertensi maka kondisi tersebut akan memperburuk kesehatanmu.

Selanjutnya mengatur pola makan, memakan makanan yang tinggi kalori juga tidak dianjurkan bagi siapapun. Terutama mereka yang sudah berada di usia lanjut atau bukan usia pertumbuhan. Selain itu jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak garam, karena itu juga bisa memicu tekanan darah tinggi.

Hindari juga makanan yang mengandung banyak pengawet, sudah pasti kamu tidak boleh makan makanan kemasan terlalu banyak karena tidak sehat untuk tubuh kita.

Kemudian soal olahraga, paling tidak kamu harus berolahraga 5 kali dalam seminggu. Sekali berolahraga kurang lebih 30 menitan dengan begitu tekanan darah tinggi kamu bisa turun dan menormalkannya kembali.

Oh yaa jangan lupa untuk perbanyak konsumsi sayuran dan buah-buahan karena ini adalah asupan yang baik untuk tubuh kamu. Ingat yaa makanan yang dari alam jauh lebih cocok untuk tubuh kita daripada makanan yang sudah mengalami proses di pabrik.

  • Lakukan Check Up Rutin

Pemeriksaan kesehatan merupakan aktivitas yang kalau bisa rutin kamu jalankan, terutama bagi mereka yang sudah jelas-jelas punya Riwayat penyakit. Saat check up kamu juga akan mengecek tekanan darah kamu pada saat itu.

Atau kamu juga bisa membeli alat tensimeter yang telah dokter rekomendasikan. Dengan begitu kamu bisa mengecek tekanan darah kamu setiap hari. Pastikan kamu memeriksanya pada pagi hari ketika bangun tidur. Standarnya jika tekanan darah kamu lebih dari 140 mmHg dan berlangsung selama beberapa hari maka pada saat itu kamu harus memeriksakan kesehatanmu ke rumah sakit. Karena umumnya tekanan darah normal ialah 130/90, dan itu harus kamu pertahankan dengan pola hidup seperti di atas.

Yuk mari kita mulai perhatikan kesehatan tubuh kita, dengan kamu punya asuransi kesehatan maka itu artinya kamu sudah selangkah di depan untuk melindungi diri dari kemungkinan berbagai penyakit. Imbangi juga dengan pola hidup yang berkualitas, yaitu kamu harus rutin bangun pagi dan tidur tepat waktu. Selain itu maksimalkan kegiatan ibadah kamu dan lakukan hal produktif yang bisa membuat kamu lebih bahagia dan menjalankannya dengan hati ringan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *